Sunday, July 3, 2011

Solo International Performing Art (SIPA)

Solo International Performing Art atau SIPA adalah Sebuah event berskala International yang menyatukan pendukung seni pertunjukan dari berbagai kebudayaan negara-negara serta membumikan Kota Solo sebagai Kota Budaya.

SIPA ini berlangsung dari tanggal 1-3 Juli 2011 di Pedaleman Mangkunegaran Solo, Jawa Tengah. Di hari pertama pembukaan SIPA, masyarakat , wisatawan dan para tamu undangan sangat antusias melihat event tahunan tersebut. 

Ribuan kembang api dinyalakan sebagai tanda dibukanya Solo International Performing Art 2011.  Setelah itu, dilanjutkan dengan performance para seniman dari dalam negeri dan luar negeri. Di hari pertama tanggal 1 Juli 2011, diawali dengan penampilan seniman asal Jogjakarta, Didi Nini Thowok menampilkan tarian topeng. Lalu seniman asal Korea bernama Hahoe Pyolshin-Gut T'al-nori. Tarian dari Jakarta - Daya Presta menampilkan yang memukau para penonton. Barisan penari dari Makasar - Sanggar Seni Al - Ashri pun membuat para penonton tertawa setelah penampilan dari penari Jakarta. Dilanjutkan oleh negara luar USA - Janis Brenner. Dan ditutup oleh penampilan spektakuler dari Pontianak - Kelompok Satu Sanggar Sape. 

Penampilan para seniman sangat memukau, saya pun sebagai penonton terpukau oleh penampilan mereka. SIPA memiliki nilai positif di mata masyarakat. Karena dengan adanya SIPA, kita bisa berbagi melihat kebudayaan dari berbagai penjuru daerah dan negara. Sukses untuk event SIPA dan Kota Solo sebagai Kota Budaya dan Kota Kelahiran saya.

Opening Solo International Performing Art 2011

 
Seniman dari Jogjakarta - Didi Nini Thowok



 











 
 Seniman dari Korea - Hahoe Pyolshin-Gut T'al-nori





Seniman dari Jakarta - Daya Presta

Seniman dari Makassar - Sanggar Seni Al - Ashri

Seniman dari USA - Jannis Brenner







Seniman dari Kalimantan Barat (Pontianak) - Kelompok Satu Sanggar Sape


SOLO INTERNATIONAL PERFORMING ART 2011

No comments:

Post a Comment